Rabu, 17 Desember 2014

Serat Wirid Hidayat Jati- Ronggo Warsito



Serat Wirid Hidayat Jati – Karya Ronggo Warsito
Dalam serat Hidayat Jati dikatakan bahwa dasar ilmu Ma"rifat yang menerangkan bahwa Tuhan bersifat kadim (abadi). Antara Dzat, sifat, nama dan perbuatan dapat dibedakan berdasarkan pengertian tetapi keempatnya adalah satu kesatuan yang tak mungkin dipisahkan. dalam tulisannya Abdullah juga mengutip untuk menggunakan Ma'rifat untuk menuju jalan-Nya. Jalan menuju Tuhan ini diperinci dengan penerapan sarana ilmu Ma'rifat, sarana menegakan zat Ilahi,cara menempuh ajal sejati (kasidan Jati),melalui laku susila dan Semedi (Manekung)" Simuh (1988) dalam menerjemahkan sedikit mengutip bait dalam serat hidayat Jati yang mengenai konsep manunggaling kawula gusti yang menjadi sorotan seniman Mataram pada kala itu. " Aku Dzat Tuhan yang bersifat esa, meliputi hambaKu, manunggallah menjadi satu keadaan, sempurna lantaran kodratku"
Persentuhan budaya denga perkemabangan Islam di jawa yang melahirkan gerak reformasi ini secara langsung ataupun tidak sudah dapat mengubah pemikiran Jawa terutama kepada hal-hal yang bersifat mitologis, magis dan mistis. Dan hal ini lah yang mempnyai dampak terhadap Ronggowarsito yang berada di persimpangan jalan, tidak adalagi karya sastra Jawa seperti dalam suluk dan wirid Ronggowarsito yang mengupas tentang pengalaman kesatuan dengan Tuhan, manunggaling Gusti.
Semua penghayatan, baik dalam alam batin maupun dalam alam gaib, yang ahkirnya berpuncak kepada penghayatan manunggal, sering tidak dapat dinyatakan dengan kata-kata yang diambil dari peristilahan kehidupan pancaindrawi sehari-hari. Maka banyak para penghayatan manunggal atau para ahli mistik menggunakan bahasa kias. Karena para ahli mistik itu juga dapat berusaha menuturkan penghayatan mereka secara rassional, maka mistisisme dapat digolongkan baik dalam agama sebagai puncak kehidupan religius, maupun dalam filsafat sebagai filsafat mistika. Menurut yang ditulis Fadli mengatakan bhawa manusia dengan Tuhan itu mempunyai hubungan yang erat, yang seperti tidak dipisahkan. "Manusia berasal dari Tuhan namun Manusia bukan Tuhan. Manusia dan Tuhan adalah dua hal yang berbeda tapi tak terpisahkan. Hubungan manusia dan Tuhan itu diibaratkan kain dan Baju, ombak dan lautan, angin dan debu."
Terdapat beberapa tingkatan kesadaran dalam olah spiritual. Kesemua tingkatan tersebut sesungguhnya berawal dari yang Satu dan tingkatan yang semakin ke bawah hijab atau penghalangnya semakin tebal, sehingga semakin jauh dari Yang Satu. Walaupun demikian, semuanya berada dalam yang Satu jua. Apabila ada sesuatu yang berada di luar Yang Satu maka akan terjadi dualisme. Perpisahan dengan yang satu hanya merupakan ilusi.
Tingkatan Pertama
Dzat Tuhan tidak bernama, karena tidak ada satu namapun yang mampu mewakili keberadaan-Nya. Maka ia disebut Aku, Tuhan Sejati. Berdiri sendiri, tidak berawal, tidak berakhir, Maha Esa. Dia berkeinginan menciptakan makhluk agar makhluk tersebut mengenal-Nya.
Tuhan menciptakan makhluk dengan Dzat-Nya, karena tidak ada dzat yang lain. Jadi makhluk bukan barang baru, namun sekedar penampakan dari rupa diri Tuhan. Alam ini bukan ciptaan, namun ada karena menemukan keadaannya, ibarat ombak yang menemukan keadaannya dari samudera. Ombak pada dasarnya adalah tidak ada, yang ada samudera. Makhluk pada dasarnya tidak ada yang ada hanya Yang Esa.
Tingkatan Kedua
Penurunan pertama adalah Nur Muhammad. Orang Islam menyebutnya sebagai Allah. Allah hanyalah nama untuk menyebut diri Tuhan. Sejatinya Tuhan sendiri tidak dapat dijangkau dengan nama. Nama untuk memudahkan pengenalan terhadap-Nya. Kalau manusia mengatakan Tuhan itu ada, maka ada yang mewadahi Tuhan, seperti mengatakan gelas itu ada, maka adanya gelas itu menempati ruang dan ruang lebih besar dari gelas. Itulah sebabnya para leluhur mengatakan Tuhan itu tan kena kinaya ngapa, tak dapat diperkirakan. Ada yang menyebutnya sebagai keberadaan.
Penampakan Tuhan dengan nama Allah ini sudah mengurangi kesempurnaan. Allah sebenarnya bersemayam dalam dzat-Nya. Penurunan ini bukan berarti bahwa Tuhan ada dua. Dia menampakkan diri dalam kualitas menurun agar mudah dikenal.
Tingkatan Ketiga
Dengan penurunan diri pun masih belum dikenal secara mudah. Tuhan menurunkan lagi menjadi bersifat kemakhlukan. Pada tahap kemakhlukan ini bersifat berpasang-pasangan sebagai cikal bakal penciptaan alam semesta.
Tingkatan Keempat
Dari yang bersifat kemakhlukan ini terurai menjadi bagian-bagian halus yang belum nampak. Itulah alam arwah, roh-roh yang merupakan sumber kehidupan bagi tiap benda. Kehidupan merupakan syarat mutlak bagi makhluk untuk dapat mengenal Tuhan. Kehidupan alam semesta ini dapat disebut semu, karena telah terlepas dari kehidupan sejati dalam Dzat Tuhan. Kehidupan alam semesta ini ada awal dan ada akhirnya.
Tingkatan Kelima
Sumber kehidupan berupa roh ini tidak akan mampu mewakili keinginan Tuhan, jika tidak disertai sarana atau wadah. Tuhan menjadikan wadah bagi kehidupan tersebut. Tahapan keempat terurai menjadi bagian-bagian yang terpisah yang masih halus. Dalam alam ini manusia sudah ada namun berbentuk jiwa.

Tahapan Keenam
Pada alam ini, Tuhan menampakkan diri secara menyeluruh. Raga adalah perwujudan rupa diri-Nya. Perbuatan, nama, dan sifat alam semesta adalah Wajah- Nya.

Tahapan Ketujuh
Setelah mengetahui hakikat diri secara menurun ini, maka tahulah bahwa alam semesta pada hakikatnya adalah gambaran Rupa Tuhan. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, karena dibekali kemampuan untuk mendaki dan menyatu dengan dzat Maulana hingga menjadikan dirinya sebagai wakil Tuhan di dunia.
Keterpisahan yang menimbulkan pertikaian
Karena kealpaan menyadari jatidirinya, manusia merasa berdiri sendiri dan terpisah dengan lainnya. Mind, egolah yang menjadi sumbe utamanya. Dengan menuruti egonya manusia menjadi serakah dan bertikai dengan lainnya. Dengan merasa bisa berpikir sendiri maka manusia bertindak tidak selaras dengan alam. Seharusnya manusia bertindak selaras dengan alam. Alam pun sejatinya tidak ada, maya dengan hijab paling tebal, yang ada hanya Dia. Laa Illaha Illallah, tidak ada yang lain selain Dia. Ya Tuhan lindungilah kami dari godaan mind yang menyesatkan
DAFTAR PUSTAKA
http://towek.mywapblog.com/ronggowarsito-ulama-islam-bernafaskan-ja.xhtml

1 komentar: